Curug Citambur (Lokasi, Jam Buka, Harga Tiket, Fasilitas)

Pergi berwisata ke air terjun tentu menjadi hal menyenangkan. Kesegaran air dan keasrian pemandangan alam di sekitarnya akan membuat pengunjung berdecak kagum saat melihatnya. Jika Anda sedang berada di Cianjur Selatan, pergi ke Curug Citambur dapat dijadikan pilihan terbaik.

Tentang Curug Citambur

Perlu diketahui bahwa daerah Cianjur Selatan mempunyai alam masih alami, sektor pertanian pun mendominasi kawasan tersebut. Curug ini yang berada di kawasan ini ternyata merupakan air terjun dengan tinggi kurang lebih sekitar 130 meter.

Curug ini berada di Ds. Karangjaya, Kec. Pasirkuda. Keberadaan curug pun sudah tampak sejak Anda masih dalam perjalanan ke sana. Curug Citambur mempunyai 2 tingkatan sangat indah serta tebing tinggi yang sangat kokoh sebagai pelindungnya.

Alam di sekitar curug masih tampak alami ditambah pepohonan rindangnya. Selain itu, ada juga spot foto menarik di objek wisata curug ini. Hal ini akan membuat Anda betah menghabiskan waktu seharian di curug. Selama pandemi, pihak pengelola menerapkan aturan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Jam Buka

Curug ini mempunyai jam operasional yang dibuka setiap hari, yaitu mulai Senin sampai dengan Minggu selama 24 jam nonstop. Jika Anda hendak pergi ke Curug Citambur, maka disarankan untuk menikmatinya saat pagi hari. Perhatikan cuaca dan usahakan untuk pergi ketika cuaca sedang cerah.

Cuaca cerah akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan dan tidak terganggu dengan hujan yang bisa membuat jalan licin menuju ke curug. Jadi bisa dikatakan bahwa cuaca akan sangat berpengaruh saat mengunjungi curug. Pagi hari pun memang sangat disarankan seperti disebutkan di atas.

Tiket Masuk dan Parkir

  • Setiap orang akan dikenakan tiket masuk sebesar: Rp10.000
  • Sedangkan parkir motor yaitu sebesar: Rp3.000 per unit kendaraan
  • Kemudian parkir mobil dikenakan biaya: Rp5.000 per unit
Rekomendasi:   Mandapa Kirana Resort (Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas)

Fasilitas Wisata

Adapun fasilitas yang tersedia di antaranya sebagai berikut:

  • Area parkir cukup luas untuk menampung parkir kendaraan
  • Berbagai warung makanan serta minuman untuk menemani liburan
  • Mushola
  • Toilet
  • Spot foto

Daya Tarik di Wisata Curug Citambur

Meskipun Anda harus melakukan perjalanan cukup lama dan tidak mudah untuk menuju ke curug, tapi lokasi wisata satu ini selalu saja ramai wisatawan dari berbagai daerah. Daya tarik yang ditawarkan curug ini di antaranya seperti:

Spot Foto yang Menarik

Pihak pengelola curug telah menyediakan spot-spot foto menarik dan keren untuk digunakan para pengunjung berswafoto. Dari beberapa spot foto, rumah terbalik adalah spot paling terkenal di antara yang lain. Konstruksi bangunan rumah tersebut memiliki posisi berbeda daripada biasanya.

Konstruksi rumahnya yaitu terbalik dengan atap rumah berada di bagian bawah. Sehingga banyak pengunjung yang mengabadikannya ke dalam bentuk video maupun foto. Selain itu, ada juga spot foto berupa sebuah gardu pandang berlatar belakang curug, rumah pohon, dan sebagainya.

Keindahan Panorama Alam yang Dimiliki

Alam di sekitar Curug Citambur tampak masih sangat natural dengan udara sangat sejuk karena berada di daerah dataran tinggi. Hal ini membuat banyak pohon menjulang tinggi menghiasi objek wisata curug.

Adapun lokasi curug yaitu di balik tebing Gunung Lemo. Gunung tersebut membentang mulai dari daerah Rancabali sampai dengan Pasir Kuda dan konon katanya menyerupai huruf alfabet L.

Kondisi alam seperti yang disebutkan di atas pastinya akan membuat pengunjung betah berlama-lama. Curug ini tentu dapat menjadi pilihan tepat menghabiskan akhir pekan di alam terbuka.

Gagahnya Curug di Citambur

Curug ini berdiri dengan gagah yang berada di ketinggian kurang lebih sekitar 130 meter serta dua tingkatan air terjun. Tingkatan air terjun pertama sangat tinggi, sekitar 100 meter. Air curug mengalir deras, sehingga menciptakan uap air tipis di sekitar jatuhnya air.

Rekomendasi:   Damar Langit Resort (Lokasi, Harga Menu, Fasilitas)

Kolam alami yang berada di bawahnya tidak terlalu lebar serta airnya langsung mengalir membentuk sebuah air terjun berukuran kecil. Perlu diketahui bahwa pengunjung dilarang bermain air di kolam kecil tersebut karena sangat berbahaya. Curug satu ini mempunyai 3 aliran air saat diperhatikan.

Tapi Anda hanya akan melihat 2 aliran saja ketika debit airnya cukup besar. Anda juga akan menemui beberapa batuan berukuran besar yang menghiasi sekitar kolam curug. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai tempat bermain air di sekitaran aliran air terjun, namun tetap siap terhadap kondisi air yang cukup dingin.

Air curug pun sangat bersih dan jernih, sehingga pasti akan sangat menyegarkan ketika bermain air di sana maupun foto di berbagai spot foto tersedia. Siapkan uang Rp5.000 untuk bisa eksis di beberapa spot foto tertentu, jangan lupa menyediakan uang pas.

Sejarah Tentang Penamaan Untuk Curug Ditambur

Foto Terbaru Curug Citambur

Perlu diketahui bahwa curug memiliki arti air terjun, sebutan tersebut biasa dipakai di daerah Jabar (Jawa Barat). Sedangkan Citambur terbentuk dari “ci” dan “tambur”. Ci sendiri berarti air, sedangkan tambur berarti alat musik bernama tambur yang cara memainkannya dipukul.

Nama tersebut diberikan karena air yang berjatuhan dari curug sangat deras dan keras, sehingga bisa menimbulkan bunyi layaknya suara tambur sedang ditabuh. Ada juga cerita lain di balik kata Citambur, yaitu pada zaman dahulu lokasi curug ini sering dipakai mandi oleh seorang Prabu Tanjung Anginan.

Para pengawal pun selalu menabuh tambur selama perjalanan menuju curug. Suara tabuhan tersebut menjadi tanda bahwa raja sedang menuju ke curug. Sehingga warga sekitar menyebut curug dengan Curug Citambur. Prabu Tanjung Anginan sendiri adalah raja kerajaan Tanjung Anginan. Konon wilayah lokasi curug berada termasuk ke dalam wilayah kerajaan.

Rekomendasi:   Karang Potong Ocean View (Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas)

Hal ini diperkuat dengan keberadaan suatu batu yang menyerupai kursi di sekitar area air terjun. Kemudian batu tersebut dipercaya sebagai tempat duduk singgasana Prabu Tanjung Anginan. Namun, cerita ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah mengenai kebenarannya.

Selain beberapa kepercayaan masyarakat yang beredar, ternyata sebagian orang memiliki anggapan bahwa Curug Citambur mempunyai kekuatan magis cukup tinggi. Orang-orang dengan kepercayaan ini selalu ke curug untuk semedi berharap agar hajatnya terkabul.

Tips Berwisata di Curug

Ikuti tips di bawah ini agar wisata tetap aman dan tanpa rasa khawatir:

  • Bawa pakaian hangat untuk menjaga badan agar tidak kedinginan.
  • Hindari mendekati air terjun di bagian atasnya karena air bisa cukup deras secara tiba-tiba.
  • Pakai alas kaki yang nyaman digunakan untuk menapaki tangga-tangga batuan menuju ke curug.
  • Hindari perbuatan yang bisa merugikan, baik diri sendiri maupun orang lain.
  • Jaga selalu keasrian dan kebersihan lokasi di sekitar tempat wisata.
  • Siapkan gadget milik Anda untuk mengabadikan keindahan curug.

Seperti yang sudah diketahui bahwa Curug Citambur lokasinya memang sedikit tersembunyi, namun Anda tidak perlu meragukan keindahan alamnya sungguh mengagumkan. Anda bisa datang dan menyaksikan dan membuktikannya sendiri.

Curug Citambur

  • Lokasi: Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia
  • Provinsi: Jawa Barat
  • Tinggi total: 130 meter (427 ft)
  • Jumlah titik: 3 (Tiga)
  • Anak sungai: Sungai Citambur
  • Harga tiket: Rp 10.000
  • Jam buka: 24 jam

Baca Juga:

error: